LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
JL. Perintis 1 Kehiran |
Lingkup
Pendidikan |
SMP Negeri 5 Sentani |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkatkan keterampilan passing bawah dalam
permainan bola voli melalui modifikasi bola plastik |
Penulis
|
Jhonas Situmorang, S.Pd. |
Tanggal
|
Selasa, 13 Desember 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah Rendahnya kemampuan peserta didik kelas VIII dalam
melakukan passing bawah bola voli , karena kurangnya kesempatan peserta didik dalam melakukan
passing, variasi yang digunakan masih kurang,
guru belum menampilkan video pembelajaran yang bisa menstimulus
peserta didik, dan terbatasnya sarana prasarana Mengapa praktik ini penting? Praktik ini penting dilakukan karena dari hasil
penentuan solusi dan mencari informasi yang relevan, yang bisa memecahkan
masalah yang sudah ditentukan adalah melakukan pemecahan masalah melalui
modifikasi dan metode yang dipilih karena mampu meningkatkan kemampuan dan
hasil belajar peserta didik. passing
bawah juga merupakan salah satu gerak dasar yang penting dan harus dikuasai
dalam bermain bola voli. Passing bawah digunakan untuk menahan serangan lawan
sekaligus mengumpan bola ke teman satu. Diperlukan keterampilan
gerak passing bawah dengan
benar agar hasilnya maksimal, posisi kan tubuh secara tegak dengan membuka
kaki selebar bahu, sebagai langkah persiapan sebelum melakukan passing,
pastikan untuk memajukan satu kaki kedepan, pada saat melakukan passing
posisi lengan lurus kedepan bawah dengan posisi rapat dengan posisi inu jari
sejajar, ketika dihampiri bola arahkan kedua tangan kearah datangnya bola,
ayunkan tangan kearah datangnya bola pastikan tangan dengan posisi lurus,
dengan posisi tubuh sedikit ditekuk, posisi untuk perkenaan bola passing
bawah terletak pada bagian lengan atau bagian atas pergelangan tangan dan
ketika tangan memukul bola luruskan kedua lutut kaki. Dengan melakukan
passing bawah secara benar dapat memperoleh hasil maksimal dalam permainan
bola voli. Peran dan tanggung jawab saya Peran saya adalah saya mengidentifikasi masalah,
menentukan penyebab masalah atau akar masalah, dan menentukan alternatif
solusi yang relevan serta mempersiapkan alat dan bahan untuk memecahkan
masalah, dan mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti, 1.
Rencana pelaksanaan
pembelajaran 2.
Bahan ajar 3.
LKPD 4.
Video Pembelajaran 5.
Media power piont Pada saat pelaksanaan saya memotivasi, mendampingi,
memfasilitasi dan memberikan pengetahuan terhadap materi passing bawah
bola voli dengan benar sesuai dengan tahapannya seperti posisi awalan,
pelaksanaan, dan lanjutan, agar peserta didik dapat mempraktikan gerak passing
bawah dengan benar. |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
Tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Tantangan yang saya hadapi adalah dimulai dari
mempersiapkan alat dan bahan, karena pada saat memodifikasi alat karena
peserta didik yang heterogen saya harus membuat peserta didik senyaman
mungkin dalam melakukan passing bawah, sehingga alat atau bola plastik yang
digunakan dilapisi dengan double tep untuk mengurangi kerasnya permukaan bola
agar tidak mencederai tangan siswa Siapa yang terlibat? Guru dan peserta didik. Pada saat melakukan
pencarian dan penentuan solusi saya
melibat teman sejawat, pakar, kepala
sekolah |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah/ strategi/ prosesnya Pada proses ini saya
menentukan solusi yang relevan, melalui pertimbangan kepala sekolah, pakar,
teman sejawat. Solusi yang saya pilih
yaitu memodifikasi alat untuk memperbanyak kesempatan peserta didik
melakukan passing, dan model yang saya pilih yaitu model problem based
learning dengan metode pendekatan saintifik TPACK dan proses selanjutnya, Saya mempersiapkan segala kebutuhan untuk
pelaksanaan pembelajaran agar dapat berlangsung dengan baik seperti: 1)
Perangkat pembelajaran, 2)
Alat dan bahan, serta 3)
koordinasi dengan kepala sekolah dan guru setempat 4)
Pengkondisian kelas Proses
pembelajaran Proses yang saya lakukan dimulai dari memberikan
salam kepada peserta didik, kemudian pembelajaran diawali dengan doa,
menyampaikan Apersepsi, menjelaskan mekanisme pembelajaran , setelah itu saya
membagi peserta didik dalam 4 kelompok, setelah pembagian kelompok saya
memaparkan materi pembelajaran menggunakan media pembelajaran seperti
infocus, serta membagikan bahan ajar dan LKPD, setelah itu memutarkan video
pembelajaran dan dianalisis peserta didik untuk melengkapi LKPD, peserta
didik melakukan diskusi setelah diskusi, guru mengarahkan kelapangan dan
melakukan pemanasan setelah, peserta didik mencoba mempraktikkan passing
bawah menggunakan bola modifikasi dikelompok masing masing, peserta didik
melakukan persentasi di depan kelompok lain, guru memfasilitasi siswa dan
guru melakukan refleksi, kemudian guru dan peserta didik melakukan
pendinginan, pembelajaran ditutup dengan doa Siapa saja yang terlibat? Guru, Peserta didik, Kepala sekolah dan teman dalam
meliput pembuatan video saat pelaksanaan pembelajaran Sumber daya atau materi yang diperlukan Guru, Peserta didik, teman dalam meliput pembuatan
video saat pelaksanaan pembelajaran dan materi pembelajaran passing
bawah bola voli serta peralatan-peralatan seperti: 1) lapangan rumput , 2) bola plastik hasil modifikasi, 3) peluit, serta 4) proyektor 5) bahan ajar untuk
mendukung berjalannya pembelajaran (menampilkan PPT dan Media Pembelajaran) |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah
hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidak
berhasilan
dari strategi yang dilakukan? Apa
pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak dari aksi langkah-langkah yang dilakukan Pada proses ini Peserta didik secara antusias
melakukan passing bawah di kelompok masing masing dengan baik Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif? Hasilnya yang didapatkan selama proses pembelajaran
dengan menggunakan modifikasi alat dan model problem based learning lebih
efektif karena peserta didik tidak merasa takut tangannya sakit karena bola yang digunakan
sudah dilapisi doble tep dan pembelajaran lebih menarik Respon orang lain? Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan
menggunakan strategi yang digunakan mendapat Respon yang positif dari peserta
didik terhadap kegiatan pembelajaran ini dilihat pada saat kegiatan peserta
didik cukup, walaupun ditengah
teriknya matahari siswa dengan semangat melakukan passing bawah karena bola
nya sudah dimodifikasi Keberhasilan strategi? Dengan staregi yang saya lakukan dalam pembelajaran
keterampilan gerak passing bawah bola voli peserta didik menjadi
berani dan percaya diri dalam mempersentasikan hasil diskusi serta peserta
didik mempraktikan gerakan passing bawah bola voli dengan benar Pembelajaran dari keseluruhan proses Keseluruhan proses pembelajaran keterampilan gerak passing
bawah adalah memfasilitasi dan memotivasi peserta didik agar berani melakukan
passing bawah, peserta didik harus dibekali pengetahuan yang benar
terlebih dahulu sehingga dalam mempraktikan rangkaian gerakan passing
bawah dapat melakukannya dengan baik dan benar. |