No. |
Jenis Permasalahn |
Masalah yang Diidentifikasi |
Analisis
identifikasi Masalah |
1 |
Pedagogik, literasi, dan numerasi. |
1. Peserta didik susah bertanya
dan mengungkapkan pendapat 2. Rendahnya
Tingkat Kehadiran Peserta didik kesekolah 3. Rendahnya
Motivasi belajar Peserta didik dalam pembelajaran |
1. Peserta didik Merasa malu saat mengutarakan pendapat 1.
Pengaruh cuaca yang tidak menentu ( curah hujan yang
tinggi) 2.
Membantu orang tua ke kebun 1.
Rendahnya disiplin belajar peserta didik 2.
Sikap belajar peserta
didik yang tidak terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas 3.
Guru mengajar secara Monoton tidak bervariasi (tidak
mengunakan media) |
2 |
Kesulitan belajar peserta
didik termasuk peserta didik berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas
berdasarkan pengalaman mahapeserta didik saat Menjadi guru. |
1. Rendahnya
Konsentrasi Peserta didik dalam pembelajaran PJOK 2. Rendahnya
kemampuan Peserta didik dalam memahami dan memaparkan konsep tindakan p3k
(pertolongan pertama pada kecelakaan) 3. Peserta
didik merasa kurang percaya diri dalam pembelajaran melakukan senam lantai |
1. Ketika
guru menjelaskan pembelajaran peserta didik ribut/ngobrol dengan temannya 2. Peserta didik kurang tertarik dalam
penyampaian materi pembelajaran 3. Peserta
didik terkesan sudah memahami materi tanpa tersedianya media. 1. Peserta
didik belum memahami konsep tindakan p3k (pertolongan pertama pada
kecelakaan) 1. Peserta
didik belum memiliki dan memahami konsep gerak pada senam lantai 2. Peserta didik merasa tidak mampu melakukan gerak senam
lantai 3. Peserta didik merasa akan mengalami cidera saat
melakukan gerak senam lantai |
3 |
Membangun relasi/hubungan dengan peserta didik dan orang tua peserta
didik. |
1. Rendahnya
Hubungan komunikasi antara guru dengan orang tua peserta didik 2. Rendahnya
pendampingan orang tua kepada peserta didik ketika belajar di rumah |
1.
Guru dan wali kelas melakukan komunikasi
laporan dari hasil pembelajaran pesera didik hanya pada akhir semester saja 2.
Masihnya banyak peserta didik yang tidak
mengerjakan tugas/PR di rumah |
4 |
Pemahaman/ pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan Karakteristik materi
dan peserta didik. |
1.
Kurangnya Antusias/peran aktif peserta didik
dalam pembelajaran 2.
Guru Belum Mengoptimalkan pembelajaran
inovatif berdarkan karateristik materi dan peserta didik |
1. Guru masih sering
banyak ceramah dan daya serap
peserta didik berbeda-beda dalam
penguasaan pelajaran 2. Model
Pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional, monoton
dan bersifat satu arah 3. Guru
kurang terampil dalam menyiapkan media pembelajaran yang dapat meningkat
peran aktif peserta didik 4. Kurangnya
kebiasaan guru memberikan penghargaan/pujian kepada peserta didik 5. Peserta
didik tidak tertarik dengan media yang digunakan guru 1.
Guru Kurang mengembangkan diri untuk mempelajari dan
menggunakan model model pembelajaran inovatif 2.
Kualifikasi guru tidak linear 3.
Jarang melakukan refleksi dari hasil pembelajaran
yang di lakukan 4.
Tidak memahami karakter peserta didik dengan baik |
5 |
Materi terkait literasi numerasi, advanced material, miskonsepsi, Hots. |
1. Materi ajar hanya bersumber
dari buku pegangan guru 2. Secara
umum guru Belum mengintegrasikan tingkat berpikiri tinggi (HOTS) dalam
Pembelajaran |
1. Fasilitas di sekolah tidak
mendukung karena tidak buku pelajaran, peralatan olahraga tidak memadai 2. 1. Guru
belum memahami sepenuhnya dalam pembuatan perangkat pemebelajaran berbasis
Hots 2. Masih
rendahnya Pemahamana peserta didik tentang materi yang di ajarkan |
6 |
Pemanfaatan teknologi/inovasi dalam Pembelajaran. |
1. Kurangnya
Kemapuan guru dalam pemanfaatan teknologi/inovasi dalam pembelajaran Seperti
Penggunaan PPT. 2. Guru
masih kurang mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam
pembelajaran |
1. Guru
Kurang Memberi hati dan waktu untuk belajar dan memahami Pemanfaatan
Teknologi dalam Pembelajaran 2. Guru
tidak terbiasa menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran 1.
Sarana dan
prasarana pendukung yang terbatas (Laptop,Infokus, ketersediaan jaringan |
7 |
|
|
|
Selasa, 06 September 2022
LK 1.1 IDENTIFIKASI PENYEBAB MASALAH
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar