Sabtu, 10 Desember 2022

LK 3.1 Menyusun Best Practices.

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

JL. Perintis 1 Kehiran

Lingkup Pendidikan

SMP Negeri 5 Sentani

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli melalui modifikasi bola plastik

Penulis

Jhonas Situmorang, S.Pd.

Tanggal

Selasa, 13 Desember 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Rendahnya kemampuan peserta didik kelas VIII dalam melakukan passing bawah bola voli , karena kurangnya  kesempatan peserta didik dalam melakukan passing, variasi yang digunakan masih kurang,  guru belum menampilkan video pembelajaran yang bisa menstimulus peserta didik, dan terbatasnya sarana prasarana

 

Mengapa praktik ini penting?

Praktik ini penting dilakukan karena dari hasil penentuan solusi dan mencari informasi yang relevan, yang bisa memecahkan masalah yang sudah ditentukan adalah melakukan pemecahan masalah melalui modifikasi dan metode yang dipilih karena mampu meningkatkan kemampuan dan hasil belajar peserta didik.  passing bawah juga merupakan salah satu gerak dasar yang penting dan harus dikuasai dalam bermain bola voli. Passing bawah digunakan untuk menahan serangan lawan sekaligus mengumpan bola ke teman satu. Diperlukan keterampilan gerak passing bawah dengan benar agar hasilnya maksimal, posisi kan tubuh secara tegak dengan membuka kaki selebar bahu, sebagai langkah persiapan sebelum melakukan passing, pastikan untuk memajukan satu kaki kedepan, pada saat melakukan passing posisi lengan lurus kedepan bawah dengan posisi rapat dengan posisi inu jari sejajar, ketika dihampiri bola arahkan kedua tangan kearah datangnya bola, ayunkan tangan kearah datangnya bola pastikan tangan dengan posisi lurus, dengan posisi tubuh sedikit ditekuk, posisi untuk perkenaan bola passing bawah terletak pada bagian lengan atau bagian atas pergelangan tangan dan ketika tangan memukul bola luruskan kedua lutut kaki. Dengan melakukan passing bawah secara benar dapat memperoleh hasil maksimal dalam permainan bola voli.

 

Peran dan tanggung jawab saya

Peran saya adalah saya mengidentifikasi masalah, menentukan penyebab masalah atau akar masalah, dan menentukan alternatif solusi yang relevan serta mempersiapkan alat dan bahan untuk memecahkan masalah, dan mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti,

1.    Rencana pelaksanaan pembelajaran

2.    Bahan ajar

3.    LKPD

4.    Video Pembelajaran

5.    Media power piont

Pada saat pelaksanaan saya memotivasi, mendampingi, memfasilitasi dan memberikan pengetahuan terhadap materi passing bawah bola voli dengan benar sesuai dengan tahapannya seperti posisi awalan, pelaksanaan, dan lanjutan, agar peserta didik dapat mempraktikan gerak passing bawah dengan benar.

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Tantangan yang saya hadapi adalah dimulai dari mempersiapkan alat dan bahan, karena pada saat memodifikasi alat karena peserta didik yang heterogen saya harus membuat peserta didik senyaman mungkin dalam melakukan passing bawah, sehingga alat atau bola plastik yang digunakan dilapisi dengan double tep untuk mengurangi kerasnya permukaan bola agar tidak mencederai tangan siswa

 

Siapa yang terlibat?

Guru dan peserta didik. Pada saat melakukan pencarian dan penentuan solusi  saya melibat teman sejawat,  pakar, kepala sekolah

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah/ strategi/ prosesnya

Pada proses ini saya menentukan solusi yang relevan, melalui pertimbangan kepala sekolah, pakar, teman sejawat. Solusi yang saya pilih  yaitu memodifikasi alat untuk memperbanyak kesempatan peserta didik melakukan passing, dan model yang saya pilih yaitu model problem based learning dengan metode pendekatan saintifik TPACK  dan proses selanjutnya,

Saya mempersiapkan segala kebutuhan untuk pelaksanaan pembelajaran agar dapat berlangsung dengan baik seperti:

1) Perangkat pembelajaran,

2) Alat dan bahan, serta

3) koordinasi dengan kepala sekolah dan guru setempat

4)  Pengkondisian kelas

Proses pembelajaran

Proses yang saya lakukan dimulai dari memberikan salam kepada peserta didik, kemudian pembelajaran diawali dengan doa, menyampaikan Apersepsi, menjelaskan mekanisme pembelajaran , setelah itu saya membagi peserta didik dalam 4 kelompok, setelah pembagian kelompok saya memaparkan materi pembelajaran menggunakan media pembelajaran seperti infocus, serta membagikan bahan ajar dan LKPD, setelah itu memutarkan video pembelajaran dan dianalisis peserta didik untuk melengkapi LKPD, peserta didik melakukan diskusi setelah diskusi, guru mengarahkan kelapangan dan melakukan pemanasan setelah, peserta didik mencoba mempraktikkan passing bawah menggunakan bola modifikasi dikelompok masing masing, peserta didik melakukan persentasi di depan kelompok lain, guru memfasilitasi siswa dan guru melakukan refleksi, kemudian guru dan peserta didik melakukan pendinginan, pembelajaran ditutup dengan doa

 

Siapa saja yang terlibat?

Guru, Peserta didik, Kepala sekolah dan teman dalam meliput pembuatan video saat pelaksanaan pembelajaran

 

Sumber daya atau materi yang diperlukan

Guru, Peserta didik, teman dalam meliput pembuatan video saat pelaksanaan pembelajaran dan materi pembelajaran passing bawah bola voli serta peralatan-peralatan seperti:

1) lapangan rumput ,

2) bola plastik hasil modifikasi,

3) peluit, serta

4) proyektor 

5) bahan ajar

 untuk mendukung berjalannya pembelajaran (menampilkan PPT dan Media Pembelajaran)

 

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

 

 

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

 

 

Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan?

 

 

 

 

 

 

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi langkah-langkah yang dilakukan

Pada proses ini Peserta didik secara antusias melakukan passing bawah di kelompok masing masing dengan baik

 

Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif?

Hasilnya yang didapatkan selama proses pembelajaran dengan menggunakan modifikasi alat dan model problem based learning lebih efektif karena peserta didik tidak merasa takut  tangannya sakit karena bola yang digunakan sudah dilapisi doble tep dan pembelajaran lebih menarik

 

 

Respon orang lain?

Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan strategi yang digunakan mendapat Respon yang positif dari peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini dilihat pada saat kegiatan peserta didik cukup,  walaupun ditengah teriknya matahari siswa dengan semangat melakukan passing bawah karena bola nya sudah dimodifikasi

 

Keberhasilan strategi?

Dengan staregi yang saya lakukan dalam pembelajaran keterampilan gerak passing bawah bola voli peserta didik menjadi berani dan percaya diri dalam mempersentasikan hasil diskusi serta peserta didik mempraktikan gerakan passing bawah bola voli dengan benar

 

Pembelajaran dari keseluruhan proses

Keseluruhan proses pembelajaran keterampilan gerak passing bawah adalah memfasilitasi dan memotivasi peserta didik agar berani melakukan passing bawah, peserta didik harus dibekali pengetahuan yang benar terlebih dahulu sehingga dalam mempraktikan rangkaian gerakan passing bawah dapat melakukannya dengan baik dan benar.