Selasa, 06 September 2022

LK 1.1 IDENTIFIKASI PENYEBAB MASALAH

No.

Jenis

Permasalahn

Masalah yang

Diidentifikasi

Analisis identifikasi

Masalah

1

Pedagogik, literasi, dan numerasi.

 

1.    Peserta didik susah bertanya dan mengungkapkan pendapat

 

 

2.    Rendahnya Tingkat Kehadiran Peserta didik kesekolah

 

 

 

 

 

 

3.    Rendahnya Motivasi belajar Peserta didik dalam pembelajaran 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.   Peserta didik Merasa malu saat mengutarakan pendapat 

 

 

1.       Pengaruh cuaca yang tidak menentu ( curah hujan yang tinggi)

2.       Membantu orang tua ke kebun

 

 

 

 

1.       Rendahnya disiplin belajar peserta didik

2.        Sikap belajar peserta didik yang tidak terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas

3.       Guru mengajar secara Monoton tidak bervariasi (tidak mengunakan media)

 

2

Kesulitan belajar peserta didik termasuk peserta didik berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman mahapeserta didik saat

Menjadi guru.

1.    Rendahnya Konsentrasi Peserta didik dalam pembelajaran PJOK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.    Rendahnya kemampuan Peserta didik dalam memahami dan memaparkan konsep tindakan p3k (pertolongan pertama pada kecelakaan)

 

3.    Peserta didik merasa kurang percaya diri dalam pembelajaran melakukan senam lantai

 

1.   Ketika guru menjelaskan pembelajaran peserta didik ribut/ngobrol dengan temannya

2.    Peserta didik kurang tertarik dalam penyampaian materi pembelajaran

3.   Peserta didik terkesan sudah memahami materi tanpa tersedianya media.

 

1.   Peserta didik belum memahami konsep tindakan p3k (pertolongan pertama pada kecelakaan)

 

 

1.   Peserta didik belum memiliki dan memahami konsep gerak pada senam lantai

2.   Peserta didik merasa tidak mampu melakukan gerak senam lantai

3.   Peserta didik merasa akan mengalami cidera saat melakukan gerak senam lantai

 

3

Membangun relasi/hubungan dengan peserta didik dan orang tua peserta didik.

1.    Rendahnya Hubungan komunikasi antara guru dengan orang tua peserta didik

 

 

 

2.    Rendahnya pendampingan orang tua kepada peserta didik ketika belajar di rumah

1.  Guru dan wali kelas melakukan komunikasi laporan dari hasil pembelajaran pesera didik hanya pada akhir semester saja

 

2.  Masihnya banyak peserta didik yang tidak mengerjakan tugas/PR di rumah

4

Pemahaman/ pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan

Karakteristik materi dan peserta didik.

1.      Kurangnya Antusias/peran aktif peserta didik dalam pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Guru Belum Mengoptimalkan pembelajaran inovatif berdarkan karateristik materi dan peserta didik

 

 

1.    Guru masih sering banyak ceramah dan daya serap peserta didik berbeda-beda dalam penguasaan pelajaran

2.    Model Pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional, monoton dan bersifat satu arah

3.    Guru kurang terampil dalam menyiapkan media pembelajaran yang dapat meningkat peran aktif peserta didik

4.    Kurangnya kebiasaan guru memberikan penghargaan/pujian kepada peserta didik

5.    Peserta didik tidak tertarik dengan media yang digunakan guru

 

1.    Guru Kurang mengembangkan diri untuk mempelajari dan menggunakan model model pembelajaran inovatif

2.    Kualifikasi guru tidak linear

3.    Jarang melakukan refleksi dari hasil pembelajaran yang di lakukan

4.    Tidak memahami karakter peserta didik dengan baik

5

Materi terkait literasi numerasi, advanced material, miskonsepsi,

Hots.

1.      Materi ajar  hanya bersumber dari buku pegangan guru

 

 

2.      Secara umum guru Belum mengintegrasikan tingkat berpikiri tinggi (HOTS) dalam Pembelajaran

1.   Fasilitas di sekolah tidak mendukung  karena tidak buku pelajaran, peralatan olahraga tidak memadai

2.    

 

1.   Guru belum memahami sepenuhnya dalam pembuatan perangkat pemebelajaran berbasis Hots

2.   Masih rendahnya Pemahamana peserta didik tentang materi yang di ajarkan

6

Pemanfaatan teknologi/inovasi dalam

Pembelajaran.

1.    Kurangnya Kemapuan guru dalam pemanfaatan teknologi/inovasi dalam pembelajaran Seperti Penggunaan PPT.

 

 

 

 

 

 

2.    Guru masih kurang mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran

1.  Guru Kurang Memberi hati dan waktu untuk belajar dan memahami Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran

2.  Guru tidak terbiasa menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran

1.    Sarana dan prasarana pendukung yang terbatas (Laptop,Infokus, ketersediaan jaringan

7

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar